ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN RUMAH SAKIT QADR BERBASIS WEB

Nani Yunani, Gusti Nyoman Budiadnyana, Aminul Fitri

Abstract


ABSTACK
The main gate of a success of a company depends on the marketing. One part of the marketing
effort is the promotion onthe general public. Aplication of marketing using the web expected to
help the marketing department marketing service an hospital facilities to prospective patients.
The method used to gather information and present the analysis of the results of researvh using
the research approach. The strategy to observe, collect information for the study presents an
analysis of the quality approach. The method to be used is designer object-oriented methods
using UML ( Unifed modelling Languange). Method development using SDLC. We make web
based marketing system in expected to facilitate the public to get information quickly an
accurately abaout service, facilities and promitions that there are hospital Qadr. In addition,
people can also convery its aspirations to hospital Qadr quickly and easily.
Keywords : Marketing, Web Based, Services.
ABSTAK
Gerbang utama sebuah kesuksesan sebuah perusahaan tergantung pada bagian pemasaran.
Salah satu usaha bagian pemasaran adalah melakukan promosi kepada masyarakat luas.
Penerapan pemasaran menggunakan web diharapkan akan membantu bagian pemasaran
memasarkan jasa pelayana dan fasilitas rumah sakit kepada calon pasien. Metode penelitian
yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan menyajikan analisa hasil penelitian
menggunakan pendekatan penelitian. Adapun srategi untuk mengamati mengumpulkan
informasi untuk menyajikan analis penelitian tersebut menggunakan pendekatan kualitatif.
Metode perancangan yang akan digunakan adalah metode perancangan berorientasi objek
dengan menggunakan UML ( Unifed modelling Languange). Metode pengembangan
menggunakan metode SDLC. Dengan dibuatnya sistem pemasaran berbasis web diharapkan
akan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat tentang
jasa pelayanan, fasilitas serta promosi-promosi yang ada di rumah sakit Qadr. Selain itu
masyarakat juga dapat menyalurkan aspirasinya kepada rumah sakit dengan cepat dan mudah.
Kata kunci: Pemasaran, Berbasis Web, Jasa pelayanan


References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir (2010), Mudah Mempelajari

Database MySQL, Andi Offset,

Yogyakarta

Agus Mulyanto, (2009), Sistem Informasi

Konsep & Aplikasi, Pustaka Pelajar,

Cetakan pertama Desember 2009,

Yogyakarta

Ais Zakiyudin (2012), Sistem Informasi

Manajemen Edisi Ke 2, Mitra

Wacana Media 2012, Jakarta.

Alan Dennis (2009), Systems Analysis and

Design with UML Version 2.0 An

Object-Oriented Approach Second

Edition, Phoenix Color Corp. United

States of America.

Budi Raharjo (2014), Pemograman Web

(HTML, PHP & MySQL), Modula,

Yogyakarta

Bunafit Nugroho (2013), Dasar

Pemograman Web PHP-MySQL

Dengan DreamWeaver, Gava Media,

Yogyakarta

Imelda Sitorus (2007), Analisa Startegi

Pemasaran Pada Rumah Sakit

Yadika, Pondok Bambu,26 Oktober

, http:Library.binus.ac.id.

Jogiyanto HM, (2010), Analisa & Desain

Sistem Informasi PendekatanJURNAL IPSIKOM VOL 3 NO. 1 JUNI 2015 ISSN : 2338-4093

terstruktur Teori Dan Aplikasi Bisnis,

Andi Offset, Yogyakarta.

Lexy J. Moleong M.A Prof Dr(2013)

Metodologi Penelitian Kualitatif edisi

revisi cetakan ketigapuluh satu,

Remaja Rosda Karya, Bandung.

Prabowo Pudjo Widodo (2011),

Menggunakan UML, Informatika,

Bandung

Raymond McLeood, Jr dan Goerge P

Schell,(2012) Management

Information Systems, Salemba

Empat, Jakarta.

Tata Sutabri, S.Kom.MM (2012), Sistem

Informasi Manajemen, Andi Offset,

Yogyakarta

Untoro (2011), Pengembangan Strategi

Pemasaran Rumah Sakit

Ketergantungan Obat Jakarta, 26

Oktober 2014, http:lib.ui.ac.id.

Virtadebie Noekent (2009), Analisis Stategi

Pemasaran Pelayanan Jasa Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada Rumah

Sakit Umum Daerah Unggaran

Kabupaten Semarang, 26 Oktober

,

http://.bimbelskripsi.files.wordpress.c

om




DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v3i1.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.