ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BPR ARTA PRIMA SEJAHTERA

Karnawi Kamar

Abstract


ABSTRAK
Mengingat persaingan bank dewasa ini semakin ketat, maka manajemen bank harus memiliki kemampuan untuk
menyusun strategi promosi dan memberikan pelayanan yang prima sehingga diharapkan mampu memuaskan nasabah,
calon nasabah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Adapun desain penelitian yang gunakan dalam penelitian ini, yaitu desain
penelitian deskriptif. Sampel diambil tidak secara acak, tapi ditentukan sendiri oleh peneliti dengan jumlah sampel 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian baik secara simultan terdapat pengaruh yang posit dan signifikan variabel strategi
promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Demikian juga secara parsial,
terdapat pengaruh strategi promosi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera.
Demikian juga terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
BPR Arta Prima Sejahtera.
Kata kunci : strategi promosi, kualitas pelayanan, & kepuasan Nasabah



DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v2i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.