ANALISA PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SHOPEE & TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN METODE HEURISTIC

Dewi Nilasari, Adi Yanto, Jainuri Jainuri

Abstract


Marketplace merupakan platfrom yang banyak bermunculan di era digital saat ini, platfrom ini digunakan untuk proses jual beli secara online salah satu aplikasi yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia adalah Shoppe dan Tokopedia. Faktor utama yang menarik perhatian pengguna di lihat dari tampilan User Interface dan User Experience pada aplikasi Shopee dan Tokopedia. Dilakukanya penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pengguna terhadap tampilan pada aplikasi Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini di lakukan di PT Torabika Eka Semesta Divisi Glucose dengan total responden sebanyak 74 orang yang dilanjutkan oleh uji instrument untuk membuktikan bahwa kuesioner yang di sebarkan dapat digunakan sebagai bahan penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, kuesioner harus melebihi ambang batas minimum yaitu 0,191 untuk uji validitas dan 0,70 untuk uji reliabilitas, sehingga kuesioner dinyatakan valid dan reliabel serta dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu End User Computing Satisfication dan metode Heuristic Evaluation. Penelitain dengan metode Heuristic memiliki Tingkat kepuasan yang paling tinggi ada pada aplikasi Tokopedia dengan Tingkat kepuasan 83,7 % diikuti aplikasi shopee 82,5 %. Penelitian dengan metode EUCS memiliki tingkat kepuasan yang paling tinggi ada pada aplikasi Shoppe dengan nilai Tingkat kepuasan 84,0 % diikuti oleh Tokopedia dengan nilai tinggkat kepuasan 83,2 %.

Full Text:

PDF

References


Azzahrah, F., Aprillia, Y., Adian, P., & Budiarto, W. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Mobile E-Health berdasarkan Metode End User Computing Satisfaction (Studi di 5 Puskesmas di Kota Surabaya) Mobile E-Health Satisfaction Analysis based on End User Computing Satisfaction Method (Study in 4 Primary Healthcare Cent. Jurnal Kesehatan, 11(3). http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

Farisi, M. N., & Zuraidah, E. (2022). Analisa Kualitas Aplikasi Performance Simanis dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Informatics Management and Information Technology, 2(3), 109121. https://doi.org/10.47065/jimat.v2i3.169

Haniifah, R. T., Aisy, R., Candra Brata, K., & Muslimah Az-Zahra, H. (2021). Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(8), 32473255. http://j-ptiik.ub.ac.id

Hoffman, D. W. (n.d.). No Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Pada Masa Pandemi Covid19.

Indra Irawan, B. (2022). Perancangan User Interface Dan User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Situs Web Kalografi. Automata, 172.

lian. (2023). No Analisis Perbandingan User Interface Dan UserExperience Pada Mobile Application Shopee, Tokopedia, Dan Lazada Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfication Dan Metode Heuristic Evaluation.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Nilda, janna miftahul. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 18.

Nopita Sari, E. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Emina Bright Stuff (Survei pada Konsumen Emina Bright Stuff di Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 39803983.

Nur, A., Ferico Octaviansyah, A., & Romlah, S. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Rekam Medik Pasien Berbasis Mobile (Studi Kasus: Klinik Bersalin Nurhasanah). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 105115. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Nurul Wahidah, R., Lutfiyana, N., Fitria Ramadanti, V., Septiyo, P., & Drefiyanto, R. (2022). Audit Sistem Informasi Absensi Mesin Fingerprint Pada PT. Metal Castindo Industritama Dengan Menggunakan Framework Cobit 5. Jurnal Sistem Informasi, 11(2), 5157. https://doi.org/10.51998/jsi.v11i2.482

Ramadan, R., Muslimah, A.-Z. H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus PT. Arta Elektronik Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(9), 88318840.

Rianingtyas, A. K., & Wardani, K. K. (2019). Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Sebagai Media Promosi Digital UMKM Tour dan Travel. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.36874

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 1721. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645

Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 8493. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978

Taufik, A., Sudarsono, B. G., Budiyantara, A., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar teknologi informasi Sutarman. In Balaiyanpus.Jogjaprov (Vol. 43). http://badanpenerbit.org/index.php/dpipress/article/view/18




DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v12i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.