PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. MITRA BOGA TAMA
Abstract
Dosen STMIK Insan Pembangunan, Bitung. Tangerang.
HP : +6285646684418. Email : nextservo@gmail.com
Putri Ristya Ningrum, S.Pi.
Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Budi Luhur, Jakarta.
Email : putri.ristya.ningrum@gmail.com
ABSTRAK
CV Mitra Boga Tama merupakan perusahaan distributor berbagai jenis daging sapi import maupun lokal,
daging ayam, ikan dan kebutuhan protein lainnya, dalam keadaan fresh frozen, baik skala kecil maupun skala
besar. Dalam upaya untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan distributor CV. Mitra Boga Tama
harus berfikir mencari cara untuk melayani pelanggan dengan efektif dan akurat karena perusahaan belum
sepenuhnya mengetahui karakteristik dari setiap pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan berpindah ke
perusahaan kompetitor. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang dapat mengelola hubungan antara
perusahaan dan pelanggan dengan mengaplikasikan konsep Electronic Customer Relationship Management (eCRM). Konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) itu sendiri berguna untuk memantau
atau memonitoring setiap kegiatan dan keinginan pelanggan yang ada, sehingga dapat menunjang para
stakeholder untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, serta dalam pengambilan keputusan dapat lebih
cepat, tepat dan akurat. Dengan demikian konsep Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) ini
dapat menjawab semua permasalahan atau semua kendala yang terjadi di dalam perusahaan distributor CV.
Mitra Boga Tama.
Kata kunci : Electronic Customer Relationship Management, Loyalitas, Pelanggan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
S. Sumanthi, S.N. Sivanandam.
Introduction to Data Mining and its
Applications. Penerbit Springer, 2006.
Kalakota, Ravi dan Marcia Robinshon ,
E-Bussiness 2.0 : Roadmap For Success,
Addison-Wesley Information Technology
Series. Penerbit Addison-Wesley
Professional , 2001.
Meyliana. 2008. “Implementasi E-CRM
pada perusahaan distributor dan retail
peralatan kebugaran, kesehatan, dan
olahraga:studi kasus pada PT Kiss” dalam
Jurnal Piranti Warta. Vol XI no.2 2008.
Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty :
Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetiaan Pelangan. Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane
Keller.(2008). Marketing Management.
th Edition. Prentice Hall, USA.
Pengertian Sistem Informasi Menurut
ParaAhli,forum.himsisfo.net/index.php?to
pic=3418.0, 19/10/2012 20:44.
DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v5i1.38
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.