SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN KONSEP E-BUSINESS B2B : Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya
Abstract
Pada era perdagangan bebas saat ini merupakan masa persaingan yang hebat dan kompetitif diantara produsen
dalam memasarkan hasil produknya.Seluruh produsen saling berusaha dan berlomba-lomba supaya produknya dapat
diterima bagi masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini yang dilakukan salah satunya suatu
perusahaan yang bergerak dibidang furniture yaitu PT. Trifoli Kayakarya yang beralamatkan di Jl. Arya Santika, Km
3,2, Desa Pasir Nangka, Tigaraksa, Tangerang, Banten.
Metode yang digunakan adalah penerapan teknologi informasi berbasis web, yang dikembangkan dengan konsep EBusiness dengan fokus pada model B2B (Business To Business).
Konsep bisnis B2B yang dirancang pada PT. Trifoli Kayakarya bertujuan tidak seperti konsep E-Commerce pada
umumnya, tetapi mempunyai setrategi dan tujuan khusus dalam usaha meningkatkan pemasaran produknya.
Harapan dari penelitian ini PT. Trifoli Kayakarya tetap mampu bersaing dalam penjualan produknya ditengah era
perdagangan bebas termasuk menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Kata kunci : Sistem Informasi, Pemasaran, Produsen, E-Bisiness, E-Commerce, B2B
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Mcleod, Raymond, “Sistem Informasi
Manajemen, Jakarta, PT.Prenhallindo.”,
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran di
Indonesia : Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Salemba
Empat. Jakarta.”, 2001
Budi Sutedjo Dharma Oetomo,
“Perspektif e-business : tinjauan teknis,
manajerial, dan strategi. Penerbit Andi,
Yogyakarta” 2001
Stanton, William J, “Prinsip Pemasaran.
Erlangga Jakarta” , 2001
Koch Hope, “business-to-business
electronic commerce marketplaces : The
alliance process journal of electronic
commerce research, Texas A&M
University” 2002
Rommey, Krismiaji, “Sistem Informasi
Manajemen” 2002
Andam, ZR, “E-Business & E-Commerce”
Tata Sutabri, “Sistem Informasi
Manajemen, Andi Yogyakarta”, 2005
Swastha, Basu dan Irawan, “Manajemen
Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta”
O''Brien, A, James. Introduction to
Information Systems, 12 th ed.
Dialihbahasakan oleh Dewi Fitriasari dan
A, Kwary Deny. Jakarta: Salemba Empat,
Putri , Analisa Strategi Pemasaran Usaha
Jasa Pembuatan dan Perbaikan
Furniture:Studi kasus UD. Suryani
Furniture Bogor Jawa Barat, Bogor:Institut
Pertanian Bogor
Kertahadi, “Pengertian Sistem Informasi
Manajemen”,2007
Merry, “Karakteristik Website B2B” 2011
DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v4i1.77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.