ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK FASHION BERBASIS WEB PADA TOKO LIDYA BOUTIQUE

Elldya Aris Mawarni, Jaka Suwita, . Riyanto

Abstract


ABSTRAK
Penjualan merupakan kegiatan pemasaran yang langsung berhubungan dengan konsumen pengguna atau pemakai langsung. Lydia boutique merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan fashion yang mencakup busana muslimah wanita dan pakaian muslim pria. Sistem yang berjalan saat ini, konsumen harus mendatangi toko secara langsung untuk melakukan transaksi pembelian dan pencatatan transaksi penjualan di Toko Lydia Boutique masih menggunakan nota kemudian dicatat ke dalam buku besar sehingga menyulitkan pemilik dalam mencari data produk, mengetahui jumlah stok dan laporan data penjualan yang tercatat dalam buku besar.
Tujuan dari penelitan ini untuk memberikan mengetahui sistem yang berjalan saat ini dan membangun sistem informasi penjualan berbasis web pada Toko Lydia Boutique. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan beberapa metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka kemudian membuat sebuah aplikasi sistem informasi penjualan fashion dengan menggunakan pemograman PHP dan MYSQL sebagai database dengan memanfaatkan jaringan lokal ataupun internet.
Selanjutnya tahap pengembangan sistem peneliti menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall dan menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah pengaksesan data dan laporan penjualan sehingga dapat membantu mempercepat pengambilan keputusan untuk pemilik.
Kata Kunci : Sistem, Informasi, Penjualan, Fashion, Database MySQL



DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.