IMPLEMENTASI E-LEARNING SYSTEM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA/I (STUDI KASUS : STIE – STMIK INSAN PEMBANGUNAN BITUNG, KAB. TANGERANG)
Abstract
Dosen STMIK Insan Pembangunan
Jurusan Sistem Informasi
Email1: pratomo.djati.nugroho@gmail.com,
Email2: kenmeidearu@gmail.com
Dibiayai Oleh :
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat
Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Sesuai dengan Kontrak Penelitian Tahun Anggaran 2017
Nomor : 1598 / K4 / KM / 2017
ABSTRAK
Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu instansi. Penggunaannya
tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi,
kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadi
akan efisien, terukur dan fleksibel. Konsep belajar mengajar berbasis teknologi informasi telah dikenal
saat ini dengan istilah e-learning yang membawa pengaruh terhadap proses transformasi pendidikan
konvensional ke dalam bentuk digital. Learning Center Division membutuhkan waktu yang lama dalam
mengelola data pelatihan mahasiswa/i khususnya pada metode pelatihan class room. Perumusan
masalah adalah informasi ke mahasiswa/i yang didapat oleh Learning Center Division tidak up to date
atau selalu berubah tiap bulannya, sehingga seringkali terjadi kesalahan dalm input data administrasi
pelatihan mahasiswa/i. Learning Center Division setiap bulannya membutuhkan beberapa tenaga kerja
tambahan, baik berupa mahasiswa magang untuk membatu mengelola data pelatihan. Learning Center
Division mempunyai tenaga kerja yang sedikit dan terbatas sedangkan peserta pelatihan yang setiap
tahunnya selalu bertambah banyak, hal ini dirasakan tidak efisien dalam pelaksanaan proses
administrasi, pelatihan itu sendiri dan pengerjaan laporan. Batasan masalah adalah bisnis proses
pelatihan mencakup pada dua metode pelatihan mahasiswa/i yaitu metode pelatihan e-learning dan
class room. Metode pelatihan tersebut meliputi pengelolaan administrasi, knowledge, informasi
pelatihan, sertifikasi pelatihan dan output sistem berupa laporan pelatihan mahasiswa/i. Penelitian ini
tidak mencakup proses penjelasan materi atau tes soal pelatihan dikarenakan perguruan tinggi
mengharuskan penggunaan jaringan intranet pada ujian kompetensi terkait keamanan informasi
perguruan tinggi dan disetiap pelatihan terdapat praktikum pelatihan. Tujuan penelitian ini
menganilisis, merancang dan membuat e-learning system. Metode pengembangan sistem yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) dengan model
waterfall strategy sequential dengan tools Unified Modelling Language (UML). Teknologi yang
digunakan dalam pengembangan perangkat lunak sistem menggunakan PHP sebagai bahasa
pemrograman dan MySQL sebagai database server. Penelitian ini menghasilkan e-learning system yang
mencakup pembelajaran dan pengelolaan pelatihan mahasiswa/i pada metode pelatihan class room dan
e-learning yang meliputi administrasi, knowledge, informasi ke mahasiswa/i, sertifikasi dan laporan
pelatihan mahasiswa/i.
Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, E-learning System, Waterfall Strategy Sequential, Pembelajaran
dan Pengelolaan Pelatihan Mahasiswa/i.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Anantapur, Andhra Pradesh. 2011. Four
Layered Approach to Non-Functional
Requirements Analysis. India :
International Journal of Computer
Science Issues (IJCSI). Vol. 8, Issue
, No 2.
Bank Mandiri Syariah. 2012. Laporan Good
Corporate Governance. Jakarta :
Bank Syariah Mandiri.
Dennis, Alan., Wixom, Barbara Haley.,
Tegarden, David. (2005). System
Analysis and Design With UML
Version 2.0 : An Object-Oriented
Approach 2nd Edition. United States:
John Wiley & Sons.
Dessler, Gary. 2011, Manajemen Sumber Daya
Manusia. Jakarta: Indeks.
Effendi, Zhuang. 2005. E-learning Konsep dan
Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto HM. 2005. Analisis dan Desain
Sistem Informasi Pendekatan
Terstruktur Teori dan Praktek
Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem
Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kadir, Abdul. 2008. Tuntunan Praktis Belajar
Database Mengunakan MySQL.
Yogyakarta: Andi.
Mathiassen L. 2000. Object Oriented Analysis
and Design. Denmark: Marko
Publishing.
Mcardle, Robert. 2011. HTML Overview: A
Look At HTML5 Attack Scenarios.
Trand Micro: Trand Micro Research
Paper.
Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan
UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Ghalia.
Palupi Sri, Meuthia R., Abdul R.S. 2012.
Analisis Dan Desain E-Learning
Diklat Teknis Pengelolaan
Perpustakaan Menggunakan Standar
Learning Technology System
Architecture. Bogor: Visi Pustaka
Vol. 14, No. 3.
Peranginangin. 2006. Aplikasi Web dengan
PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.
Prasetyo, Didik.D. 2002. 150 Rahasia
Pemograman Java. Jakarta : Elek
Media Koputindo.
Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat
Lunak Pendekatan Praktisi.
Yogyakarta: Andi.
Rivai, Veithzal, Andi Buchari. 2009. Islamic
Economics. Jakarta: Bumi Aksara.
Rustiyawan, Gigih Jayadi. 2011. Rancang
Bangun Sistem E-Learning Pada
Sistem Perkuliahan Di Program
Sarjana Alih Jenis Manajemen
(PSAJM) IPB. Bogor: Fakultas
Ekonomi dan Manajemen Institut
Pertanian Bogor.
Salamah, D.A. 2008. Adaptasi E-learning
Pada Sisi Server Untuk Aplikasi Mlearning. Bogor: Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut
Pertanian Bogor.
Siagian, Sondang P. 2005, Sistem Informasi
Manajemen. Edisi Kedua, Jakarta:
Bumi Aksara.
Simarmata, Janner., Imam, Prayudi. 2006.
Basis Data. Yogyakarkta : Andi.
Supriyanto, Dodit. 2008. Buku Pintar
Pemrograman PHP. Bandung :
OASE Media.
Suryana, Sumantri. 2005, Psikologi Personel.
Bandung : Universitas Padjadjaran.
Whitten, J. L., & Bentley, L. D. 2007. System
Analysis and Design for The Global
Enterprise Seventh Edition. New
York: McGraw Hill.JURNAL IPSIKOM Vol. 5 NO. 2 DESEMBER 2017 ISSN : 2338-4093
Wulandari, Astri., Dini T.A. 2008. Pengaruh
Pelatihan dan Disiplin Kerja
Terhadap Kinerja Mahasiswa/i Pada
Yayasan Pendidikan Telkom.
Bandung: Manajemen
Telekomunikasi dan Media Institut
Manajemen Telkom Bandung
DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v5i2.22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.