PERANCANGAN GEOMATH: APLIKASI GEOMETRI 2D/3D DENGAN KALKULATOR BENTUK 2D

Budi Haryanto, Crisvin Crisvin, Adi Yanto

Abstract


GeoMath adalah aplikasi berbasis android yang menyediakan alat untuk memahami dan mengaplikasikan konsep geometri dalam dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Meski pun memiliki kemampuan untuk mengaktualisasikan objek dalam tiga dimensi, aplikasi ini menonjol dengan kalkulator khusus yang terutama diutamakan pada geometri 2D. Pengguna dapat dengan mudah menghitung luas, keliling, dan parameter lainnya dari berbagai bentuk geometri 2D seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Setiap rumus disajikan dengan jelas dan dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan berbagai keunggulan ini, GeoMath bertujuan menjadi alat yang berguna bagi siswa, guru, dan profesional dalam mempelajari dan menerapkan konsep geometri 2D tanpa harus bergantung pada perhitungan manual yang rumit.

Full Text:

PDF

References


Aminah, N, dkk 2022. Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 23-29, Terakhir diakses 15-May-2024, https://bimaberilmu.com/jurnal/index.php/ba-jpm/article/view/35/23.

Hardani, dkk, (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu,

Haryanto, B, A. Kurniawan (2021). Implementasi Aplikasi Android Menggunakan App Inventor. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(1), 1-9.

Haryanto, B, Budiadnyana GN (2021). Pengembangan Aplikasi Android Tentang Hubungan Perencanan Karir dan Mata Kuliah (Studi Kasus STMIK Insan Pembangunan). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol.6(No.4), Hal:749-753. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/13207.

Haryanto, B. (2022). Perancangan Aplikasi Android Informasi Jadwal Kuliah. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 10(1), 49-55. Retrieved from https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/216.

Haryanto, B, Nugroho, A (2023). Perancangan Aplikasi Absen Dosen Studi KAsus Universitas Insan Pembangunan, Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 11(1), 47-52. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/242.

Haryanto, B, Adiyanto (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Ujian Yang Menyenangkan Pada Universitas Insan Pembangunan Indonesia. JOCE- IP, 17(1), 52-56. http://jurnal.ipem.ac.id/index.php/joce-ip/article/view/302/296.

Haryanto, B, Adiyanto (2023). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Toko RTiga. JOCE- IP, 17(2), 104-107. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/229.

Haryanto, B (2023). Pemilihan Metode Pengembangan Sistem Informasi Prototyping Untuk Penerapan Aplikasi Modular di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 11(1), 22-26. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/229.

Haryanto, B, Annisa Nursiastuti (2023). Pemanfaatan Aplikasi SQLPlay Untuk Mata kuliah Sistem Basis Data di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 11(2), 74-78. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/269.

Haryanto, B (2023). Perancangan Website Pembelajaran Matakuliah Sistem Basis Data di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 11(2), 69-73. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/268.

Haryanto, B, Adiyanto A (2024). Penggunaan Quizizz sebagai game dan kompetisi antara mahasiswa di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Journal Of Communication Education (IPSIKOM), 18(2), 104-110. https://jurnal.unipem.ac.id/index.php/joce-ip/article/download/404/343.

Haryanto, B (2024). Penggunaan Sololearn untuk meningkatkan kompetensi didunia kerja di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Journal Of Communication Education (IPSIKOM), 18(2), 116-121. https://jurnal.unipem.ac.id/index.php/joce-ip/article/download/404/343.

Irawan, Dosy, dkk (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Fiksi dan Nonfiksi Bahasa Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tanjungpinang. Journal of Education Research (JER). 4(3), 12751283. Terakhir diakses 15-May-2024, https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/339/260.

Wandoko, dkk 2023. The Influence of Food Delivery Application Attributes in Developing e-Loyalty: The Mediating Role of e-Satisfaction. E3S Web of Conferences. 426. p-02068. https://www.e3s-conferences.org/articles/e3sconf/pdf/2023/63/e3sconf_icobar23_02068.pdf.

Winanti, dkk 2024. Integrating QR Code to e-Class System for Managing Attendance Lecture Services in Higher Education. I.J. Information Engineering and Electronic Business, 4, 93-104. DOI: 10.5815/ijieeb.2024.04.06




DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v12i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.