PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK PADA D’SHOP
Abstract
Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun dipengaruhi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. e-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. D’SHOP merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Butik yang menjual berbagai macam baju dan celana dari mulai harga terendah sampai dengan harga tertinggi.
Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada D’SHOP Tangerang, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa Masalah yang terjadi pada Sistem penjualan pada D’SHOP adalah penjualan belum berbasis web atau e-commerce dan sistem pengelolaan data belum terkomputerisasi karena proses pengolahan data selama ini masih konvensional serta media promosi masih menggunakan brosur, spanduk dan kartu nama. Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem penjualan dengan menggunakan analisis konseptual dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja pada D’SHOP.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diketahui managemen dapat dilihat pada beberapa proses yaitu membuat perincian harga produk, mengegola data pesanan, karyawan melakukan packing produk sampai melakukan pengiriman produk ke consumen
Kata Kunci : E-commerce, Perancangan, Penjualan, Objek Oriented
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.