IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY UNTUK MEMPERKAYA PENGALAMAN BERBELANJA PADA WEBSITE TOKO SEPATU BINTANG SPORT

Arif Budi Hermawan, Yoga Prihastomo, Adi Yanto

Abstract


Dalam konteks perubahan cara orang berbelanja akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, toko fisik sudah tidak lagi cukup untuk mencapai pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pasar yang lebih luas dan memberikan pengalaman berbelanja pada website toko sepatu Bintang Sport dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Penelitian ini terdiri dari tiga tujuan, yaitu: (a) mengetahui kondisi penjualan sepatu secara langsung melalui toko fisik toko sepatu Bintang Sport saat ini, (b) merancang dan mengimplementasikan website dengan fitur VR untuk memperkaya pengalaman berbelanja pelanggan, dan (c) menguji implementasi VR pada website tersebut dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) menggunakan model prototype. Diharapkan dengan adanya fitur VR pada website, toko sepatu Bintang Sport dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik dan meningkatkan daya saing mereka di industri e-commerce yang semakin kompetitif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afifah, dkk. (2021). Design of a Selection and Pricing System in the Web-Based Logistics Goods and Services Procurement Process. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA. 5, 108–117.

Anggraeni, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Berbasis Progressive Web Apps Pada Distro Romusha. Tersedia : http://repository.untag-sby.ac.id/1295/ (26 Juli 2023, 19.18 WIB)

Aribowo. dan Avianto, Donny. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Penjualan Mebel Sebagai Solusi Meningkatkan Pengalaman Belanja Konsumen. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika. 8, 183.

Aripin, Ipin. dan Suryaningsih, Yeni. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Biologi. Tersedia : https://prosiding.unma.ac.id/ index.php/semnasfkip/article/view/96 (26 Juli 2023, 19.30 WIB).

Aziz Hadi, Abdul. dan Prihantoro, Cahyo. (2022). Financial System of Nurul Falah Masjeed in the Society 5.0 Era Using The Website. Jurnal Komputer, Informasi dan Teknologi (JKOMITEK). 2, 9–18.

Bachtiar, dkk. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Tersedia : https://journal.ugm.ac.id/bip/article/view/28943 (24 Juli 2023, 17.05 WIB).

Effendi, Rizal. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality untuk Deteksi Pengenalan Tanaman Obat Berbasis Android. Tersedia : http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/download/616/461 (26 Juli 2023, 20.06 WIB).

Frisdayanti, A. (2019). Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen. Tersedia: https://www.dinastirev.org/JEMSI/article/view/47 (24 Juli 2023, 17.45 WIB).

Heriyanto, Yunahar. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech. 02, 64–77.

Ibrahim, A. dkk. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. Tersedia: http://ijiswiratama.org/index.php/home/article/view/37 (26 Juli 2023, 20.30 WIB).

Kinaswara, dkk. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK). 2, 71–75.

Pratiwi, Adinda Putriani. dan Riyanto, Joko. (2022). Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Tersedia : https://lamintang.org/ journal/index.php/jetas/article/view/382 (26 Juli 2023, 20.35 WIB).

Rahmat, Gunawan. dkk. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android. Elkom : Jurnal Elektronika dan Komputer. 14, 47–58.

Rauf, Abdur. dan Prastowo, Agung Tri. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan Pkl Siswa (Studi Kasus Smk N 1 Terbanggi Besar). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). 2, 26.

Renaningtias, Nurul. dan Apriliani, Dyah. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa. Rekursif: Jurnal Informatika 9.

Fahlevi, Reza. dkk. (2018). Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web. Tersedia: http://ojs.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/911 (24 Juli 2023, 18.00 WIB).

Salamah, Irma. dkk. (2020). Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Tersedia: http://jurnaldigit.org/index.php/DIGIT/article/view/151 (26 Juli 2023, 20.40 WIB).

Sinambela, M. Bashoirul W. dkk. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1, 7–12.

Sudjiman, Paul. dan Sudjiman, Lorina. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. Tersedia : https://jurnal.unai.edu/index.php/teika/article/view/2327 (24 Juli 2023, 18.15 WIB).

Tsani, Astri Tania. dkk. (2019). Analisis Pembuatan Simulasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Terapi Achropobia. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati.

Widyanto, Arief. dan Patrie, Hestya. (2020). Implementasi Penjualan Bebasis E-Commerce Pada Toko Synergie Motor. Tersedia : https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1593 (26 Juli 2023, 21.00 WIB).




DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v12i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.