PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT.SEQUIS

. Oktabrianto

Abstract


ABSTRAK
Persaingan dunia bisnis pada saat ini sangatlah ketat, dampak dari persaingan tersebut ialah
pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat. PT. Sequis merupakan perusahaan di bidang financial dengan bisnis
utama di bidang Asuransi, Kualitas pelayanan terhadap nasabah merupakan aspek yang sangat penting untuk
menumbuhkan loyalitas nasabah, salah satunya adalah Customer Service yang menjadi pintu gerbang antara
nasabah dan non-nasabah yang ingin mengetahui informasi tentang asuransi dan lainnya,maka dibuatkan sistem
CRM untuk membantu customer service dalam menangani setiap nasabah sistem yang dapat menyampaikan
informasi-informasi yang up to date baik kepada n a s a b a h maupun n o n - n a s a b a h yaitu bagaimana
perusahaan menjalin hubungan dekat dan mendalam dengan para nasabahnya. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan studi pustaka. Dalam
membangun sistem tersebut, teknologi yang dipakai yaitu Microsoft Dynamics CRM sebagai Aplikasi yang
digunakan dan Microsoft SQLServer sebagai database. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah berhasil
dibangunnya sistem informasi pelayanan terhadap nasabah dengan konsep CRM yang dapat menyimpan
informasi nasabah secara rinci. Sistem informasi ini diharapkan mampu dipergunakan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan nasabah yang mampu mempertahankan loyalitas nasabah dan mendapatkan nasabah baru.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Customer Service, Nasabah, Microsoft Dynamics
CRM, Microsoft SQL Server


References


ABSTRAK

Persaingan dunia bisnis pada saat ini sangatlah ketat, dampak dari persaingan tersebut ialah

pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat. PT. Sequis merupakan perusahaan di bidang financial dengan bisnis

utama di bidang Asuransi, Kualitas pelayanan terhadap nasabah merupakan aspek yang sangat penting untuk

menumbuhkan loyalitas nasabah, salah satunya adalah Customer Service yang menjadi pintu gerbang antara

nasabah dan non-nasabah yang ingin mengetahui informasi tentang asuransi dan lainnya,maka dibuatkan sistem

CRM untuk membantu customer service dalam menangani setiap nasabah sistem yang dapat menyampaikan

informasi-informasi yang up to date baik kepada n a s a b a h maupun n o n - n a s a b a h yaitu bagaimana

perusahaan menjalin hubungan dekat dan mendalam dengan para nasabahnya. Sedangkan metode

pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan studi pustaka. Dalam

membangun sistem tersebut, teknologi yang dipakai yaitu Microsoft Dynamics CRM sebagai Aplikasi yang

digunakan dan Microsoft SQLServer sebagai database. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah berhasil

dibangunnya sistem informasi pelayanan terhadap nasabah dengan konsep CRM yang dapat menyimpan

informasi nasabah secara rinci. Sistem informasi ini diharapkan mampu dipergunakan untuk meningkatkan

kualitas pelayanan nasabah yang mampu mempertahankan loyalitas nasabah dan mendapatkan nasabah baru.

Kata Kunci : Customer Relationship Management, Customer Service, Nasabah, Microsoft Dynamics

CRM, Microsoft SQL Server




DOI: https://doi.org/10.58217/ipsikom.v4i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.